Sabtu, 10 Oktober 2009

8 Pertanyaan Khusus Pira

Apakah Anda, para pria sudah paham akan kesehatan diri Anda? Kalau belum, coba uji pengetahuan tentang kesehatan dari situs kesehatan Ivillage ini.

1. Apa yang harus dihindari oleh pria untuk mencegah terjadinya impotensi?
a. Makan Steak
b. Merokok
c. Menggunakan telepon seluler
d. Berolahraga
e. Semua jawaban di atas

2. Mana diantara kondisi perempuan di bawah ini yang juga dapat terjadi pada pria?
a. Osteoporosis
b. Kanker payudara
c. Gangguan makan
d. Pre menstruasi sindrome (sindrom sebelum menstruasi)
e. Osteoporosis, kanker payudara dan gangguan makan
f. Semua jawaban di atas

3. Manakah kelompok usia yang paling beresiko terkena kanker tetikular?
a. Pria berusia dibawah 15 tahun
b. Pria berusia 15-49 tahun
c. Pria di atas 50 tahun
d. Setiap pria pada segala usia

4. Siapa yang beresiko lebih besar unruk menderita kanker kolorektal (kanker usus besar)
a. Pria dengan riwayat keluarga yang memiliki kanker kolon atau rektum.
b Pria yang banyak mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori serta rendah serat.
c. Pria di atas usia 50 tahun
d. Pria dengan riwayat polip pada usus
e. Beberapa jawaban di atas

5. Berapa banyak usia yang dapat diperpanjang oleh pria yang berhenti merokok pada usia 35 dan 39 tahun?
a. Kurang dari satu tahun
b. Satu tahun
c. 2-3 tahun
d. 5 tahun
e. 10 tahun atau lebih

6. Berapa persentase dari pria yang menunjukkan adanya kerontokan rambut pada usis 20-an?
a. 5 persen
b. 10 persen
c. 20 persen
d. 30 persen

Apa yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker prostat?
a. menjelang usia 50 tahun

1. b. Riwayat keluarga dengan kanker prostat
c. Asupan makanan yang tinggi lemak hewani
d. Banyak mengonsumsi buah dan sayuran
e. Menjelang usia 50 tahun, riwayat keluarga dengan kanker prostat dan asupan makanan yang tinggi lemak hewani
f. Semua jawaban di atas

2. Pria kerap dikatakan berusia lebih pendek daripada perempuan. Berapa sebenarnya rata-rata harapan hidup pria dalam hitungan tahun?
a. 50,4 tahun
b. 70,2 tahun
c. 74,6 tahun
d. 78,5 tahun
e. 85 tahun

Jawaban

1. BMerokok
Merokok berperan penting sebagai penyebab impotensi. Selain merokok, faktor lain yang dapat memicu terjadinya impotensi pada satu dari 10 pria di Inggris adalah obat hipetensi, antihistamin, antidepresan, penahan nafsu makan dan obat untuk usus. Faktor psikologis seperti stres, kecemasan, perasaan bersalah, depresi, rendahnya rasa percaya diri atau takut gagal dalam berhubungan seksual serta penyakit seperti diabetes, ginjal, perminum alkohol, pengerasan pembuluh darah dan penyakit pembuluh darah lainnya juga bisa mempengaruhi.

2. E. Osteoporosis, kanker payudara dan gangguan makan
Semua penyakit tersebut dapat terjadi pada pria. Karena lebih banyak terjadi pada perempuan, banyak pria yang jadi tidak waspada dengan penyakit tersebut. Kebanyakan di antara mereka tidak mengenali gejalanya. Hal tersebut tentu saja memperlambat proses terapi sehingga membuat gangguan lebih sulit diatasi.

3. B. Pria berusia 15-49 tahun
kanker testikular merupakan kanker yang banyak terjadi pada kelompok usia tersebut, tapi lebih banyak menimpa pria Kaukasia daripada ras lain, walau pada dasarnya setiap pria bisa mendapatkannya pada segala usia. Itu sebabnya sangat penting bagi pria untuk melakukan pemeriksaan fisik secara rutin dan berkonsultasi ke dokter bila mendapati hal yang tidak lazim pada testisnya. Seperti bengkak, perubahan atau pembesaran testis, rasa sakit atau tidak nyaman pada testis atau skrotum. Jika kanker ini bisa dideteksi lebih dini maka perawatan yang diberikan tidak terlalu agresif dengan efek samping yang lebih sedikit.

4. F. Beberapa jawaban di atas
Di Inggris, kanker korektal merupakan kanker terbanyak ketiga yang terjadi pada pria. Jumlah kasus lebih dari 18.000 setiap tahunnya. Kanker kolorektal, termasuk kanker usus dan kanker rektal, biasanya dapat diobati bila dideteksi lebih dini.

5. D. 5 tahun
Ini bisa menjadi alasan bagi para pria berusia 35-39 tahun untuk berhenti merokok. Jumlah usia yang 'diperpanjang' tersebut lebih tinggi dibanding perempuan yang berhenti merokok pada usia yang sama. Perempuan yang berhenti merokok pada usia itu hanya menambah 3 tahun bagi usia harapan hidupnya.

6. C. 20 persen
Tepatnya, 20 persen dari pria Kaukasia akan menunjukkan pola kebotakan pada usia 20 tahun. Angka kejadian tersebut meningkat 10 persen per dekade dalam kehidupan pria. Kecenderungan genetik tersebut bisa berasal dari pihak ibu maupun ayah.

1. E. Menjelang usia 50 tahun, riwayat keluarga dengan kanker prostat dan asupan makanan yang tinggi lemak hewani.
Rata-rata pria yang dialognosis terkena kanker prostat berusia 70 tahun. Tetapi pria yang berusia lebih dari 50 tahun beresiko tinggi untuk kanker prostat. Selain itu pria dengan riwayat keluarga menderita kanker prostat dan juga kemungkinan pria yang banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak hewani mempunyai risiko yang sama. Di sisi lain, pria yang banyak mengonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan kemungkinan terjadinya kanker prostat.

2. C. 74,6 tahun
Di Inggris, rata-rata usia harapan hidup pria adalah 74,6 tahun, lebih rendah 10 persen daripada perempuan. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk dapat hidup lebih lama dengan menjaga kesehatan, yaitu menghindari hal-hal yang dapat beresiko terhadap kesehatan Anda.


Catatan:
Kuis ini bukan merupakan pedoman untuk kesehatan Anda. Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap lagi, sebaiknya hubungi dokter atau ahli yang berkaitan dengan masalah tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar