Sabtu, 10 Oktober 2009

Benarkah Anda Membutuhkan Suplemen Vitamin?

Anda butuh suplemen multivitamin? Jika belum yakin, coba ikut kuis singkat dari American Dietetic Association ini untuk mengetahui apakah Anda benar membutuhkan suplemen atau tidak.

Setiap hari, apakah Anda:

1. Mengonsumsi 6-11 porsi biji-bijian (roti, sereal, pasta dan nasi). Satu porsi setara dengan satu potong raoti, setengah cangkir nasi atau pasta, maupun setengah muffin Inggris atau bagel. (Ya=3, tidak=o)

2. Mengonsumsi sedikitnya 2 porsi buah. Satu porsi buah setara dengan setengah buah kalengan, satu potong buah ukuran medium, dan tiga perempat cangkir jus buah.
(Ya=3, tidak=0)

3. Mengonsumsi setidaknya 3 porsi sayuran setiap hari. Satu porsi setara dengan satu cangkir daun sayur mentah, setengah cangkir sayur rebus, atau tiga perempat cangkir jus sayur. (Ya=3, tidak=0)

4. Mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya.
(Ya=0, tidak=3)

5. Mengonsumsi dua atau lebih porsi makanan produk susu setiap hari/ Satu porsi setara dengan satu cangkir susu atau yoghurt atau sekitar 50 gram keju proses. (Ya=3, tidak=0)

6. Mengonsumsi 2-3 porsi ikan, daging unggas, daging tanpa lemak, telur, atau kacang-kacangan setiap hari. Satu porsi setara dengan 85 gram ikan rebus, satu telur, setengah cangkir kacang rebus, dua sendok makan selai kacang.
(Ya=3, tidak=0)

7. Secara teratur melewatkan atau menghindari satu atau lebih satu jenis makanan untuk satu hari.(Ya=0, tidak=3)

Jika nilai Anda:
15 atau lebih
Anda tahu bagaimana memilih makanan secara bijaksana dan mencari beragam makanan sebagai bagian dari perencanaan makanan sehat. Dengan mengonsumsi makanan yang beragam, Anda sebenarnya tidak perlu lagi suplemen multivitamin.

9-12 poin
Anda bisa mendapat zat gizi yang lebih dengan mencari pilihan makanan. Upayakan menambah porsi makanan yang dilewati.

0-6 poin
Dengan membuat perubahan secara perlahan Anda bisa memperbaiki pola makan. Asupan makanan merupakan cara terbaik untuk mendapat vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang juga bisa diperoleh dari suplemen multivitamin dan mineral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar