Sabtu, 10 Oktober 2009

Asuplah Antiradang Alami

Zat-zat gizi yang terdapat dalam makanan sehari-hari dapat meringankan gangguan peradangan dan memperlambat terjadinya kerusakan pada persendian. Berbagai jenis sayuran, buah segar, biji-bijian, produk susu rendah lemak, dan lainnya, memiliki komponen untuk mengusir peradangan, yang meliputi bromelain, flavonoid, asam lemak omega-3, vitamin E, C, dan seng (zinc).

Minum teh hijau, mengonsumsi jahe dan kunyit juga bermanfaat. Sebuah studi masyarakat mengungkapkan, orang yang teratur minum teh hijau beresiko lebih kecil untuk terkena rheumatoid arthritis (RA). Komponen terbesar dalam teh hijau adalah catechins, yang berkhasiat untuk memperlambat terjadinya kerusakan pada tulang rawan (cartilage) dan mengurangi peradangan pada persendian. Kurkumin, komponen aktif dalam kunyi, juga dapat mengurangi peradangan.

Apa lagi yang bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan peradangan pada persendian?

Bromelain
enzim yang terdapat dalam buah nenas ini dapat mengurangi peradangan yang berkait dengan RA. Bromelain mampu merintangi terbentuknya komponen penyebab nyeri yang terjadi secara alami dalam tubuh.

Flavonoid
Komponen antioksidan nabati ini diyakini dapat mengurangi peradangan dan mendukung jaringan penghubung pada persendian. Makanan sumber flavonoid adalah brokoli, blueberries, jeruk, bawang bombai, apel, kedelai, cokelat, buah delima, jeruk nipis, lemon, tomat, dan wortel.

Jahe
Mengandung komponen antioksidan poten alami, yakni shogaols dan gingerols, yang berkhasiat sebagai agen antiradang. Sebuah studi memperlihatkan, jahe membantu memperbaiki gejala RA>

Asam lemak omega-3
Lemak tak jenuh ganda ini memiliki sifat antiradang dan membantu mengurangi kekakuan, pembengkakan, dan nyeri pada persendian. Makanan yang kaya asam lemak omega-3 adlaah ikan salmon, dan tuna.

Vitamin C
Vitamin antioksidan ini dapat menekan peradangan dan memperkuat jaringan penghubung dalam persendian. Vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan pengeluaran asa, uric dari tubuh. Makanan yang kaya vitamin C antara lain kubis merah, kentang, paprika merah, stroberi, jeruk, buah kiwi, jambu biji.

Vitamin E
Dalam
cairan persendian pasien RA ditemukan kadar vitamin E yang rendah. Vitamin antioksidan ini dapat melindungi sel-sel dalam persendian dari kerusakan akibat radikal bebas. Didapatkan dalam brokoli, almond, mangga, kacang tanah, kacang brasil, biji bunga matahari.

Zinc (seng)

Kadar zinc yang rendah juga berkaitan dengan terjadinya kasus RA. Dapatkan nutrisi ini dalam daging ayam, tiram, kepiting, kalkun, barley (sejenis gandum), daging domba muda, daging sapi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar