Sabtu, 10 Oktober 2009

Cari Tahu Pemicu Stres Anda

Ada banyak hal penyebab stres. Sesuatu yang membuat Anda stres belum tentu menyebabkan stres pada pasangan atau reka kerja di kantor. Mari cari tahu pemicu stres utama Anda sehingga Anda bisa mengatasinya.

Beri nilai 1 sampai 4 untuk setiap kalimat di bawah ini. Nilai satu untuk keadaan yang paling menjengkelkan Anda dan nilai 4 untuk keadaan yang paling tidak menjengkelkan atau tidak mengganggu. Setelah selesai hitung berapa jumlah jawaban untuk poin A, B, C dan D. Kemudian lihat kunci di bawah untuk mencari tahu apa pemicu stres Anda.

1. A. Anda terjebak di kemancetan dan terlambat ke kantor. Anda tidak menemukan kunci filing cabinet tempat laporan Anda harus diserahkan dalam tempo satu jam dari sekarang.
B. Anda kurang tidur dan merasa marah.
C. Pasangan Anda memberi komentar negatif tentang potongan rambut baru Anda.
D. Anda tahu saja membeli stelan baru. Tapi saat perjalanan ke tempat kerja, seseorang menumpahkan kopi ke stelan baru itu sehingga Anda harus menghadiri rapat penting dengan stelan bernoda.

2. A. AC Anda rusak sampai 10 hari dan tukang reparasi tidak juga datang memperbaikinya.
B. Anda menderita batuk parah yang tidak sembuh-sembuh.
C. Anda mendengar perusahaan akan merger dengan perusahaan pesaing dan beberapa jabatan akan dihapus.
D. Tetangga Anda yang aneh berkata bahwa kebun Anda kelihatan bagus dan sekarang Anda bertanya-tanya apa maksud pujian itu.

3. A. ANda harus menyelesaikan proyeksi kuartalan yang harus diselesaikan hari Jumat dan bos Anda yang brengsek itu pasti akan menemukan persembunyian Anda.
B. Anda sudah mencapai usia 40 tahun. Apapun yang Anda lakukan lingkar pinggang Anda terus bertambah.
C. Kemungkinan bertambahnya serangan teroris.
D. Ketika sekretaris Anda memberi tahu laporan yang ia ketik akan terlambat, Anda marah-marah dan sekarang tak berhenti menyalahkan diri karena tidak bisa mengontrol diri.

4. A. Atap rumah bocor dan Anda tidak punya uang untuk memperbaikinya sehingga menjadikannya lebih buruk setiap musim hujan.
B. Anda membeli alat treadmill mahal tetapi sekarang mempergunakannya sebagai gantungan baju. Setiap kali melihatnya Anda merasa bersalah.
C. Kakak laki-laki Anda menganiaya Anda san setiap kali melihatnya membawa kenangan yang membuat Anda merasa kecil dan tak berarti. Anda baru mendengar ia baru membeli rumah di seberang rumah.
D. Teman-teman memberi tahu Anda terlalu keras dengan diri sendiri, tetapi andai mereka mengenal Anda dengan baik mereka juga tidak menyukai Anda.

5. A. Pabrik bahan kimia di dekat rumah baru saja membocorkan zat kimia berbahaya ke udara.
B. Punggung anda sakit sepanjang waktu.
C. Anda punya banyak tagihan dan tidak tahu bagaimana membayarnya.
D. Anda ingin menjadi partner junior sampai usia 30. Sekarang usia Anda sudah 29 dan tampaknya itu tak akan terjadi sehingga panik akan kegagalan itu.

6. A. Anjing baru anda baru saja merusak karpet Oriental yang mahal.
B. Anda menderita migren hampir setiap hari.
C. Anak Anda nilai aljabarnya buruk dan tidak belajar
D. Anda punya jerawat besar di dagu.

7. A. Di akhir bulan Anda harus bekerja 60 jam seminggu dan kelelahan.
B. Anda baru saja kecelakaan yang merusak mobil dan melukai leher Anda.
C. Pasangan Anda mendengkur ketika tidur dan Anda tidak pernah tidur nyenyak karenanya.
D. Anda bekerja terlalu keras untuk membuat semua orang senang pada pesta haru raya agama di kantor sehingga Anda amat letih dan tak dapat menikmati pesta itu sendiri karena rasa khawatir itu.

8. A. Juru ramal cuaca baru saja meramalkan air membeku dan pipa air di rumah belum dibungkus.
B. Jika Anda melihat satu algi burger keju Anda akan merasa mual tetapi hanya itu yang akan disajikan pada kantin didekat tempat kerja.
C. Anak Anda yang masih ABG baru saja menato lengannya dan mengenakan anting-anting di hidungnya tanpa berdiskusi terlebih dahulu dengan Anda.
D. Anda tidak dapat mengerti mengapa pasangan menjadi marah ketika Anda mengembalikan pakaian dan memberi tahu cara menyisir rambutnya. Bagaimana pun Anda hanya mencoba menolong.

9. A. Meskipun Anda sudah dewasa, ibu masih sering mentraktir seperti layaknya anak tak berdaya.
B. Anda merasa sudah layu dan mulai sering sakit-sakitan.
C. Anda baru saja membeli rumah besar. Tetapi sekarang kewalahan dengan biaya perawatan dan membayar tagihan-tagihannya.
D. Teman Anda mengeluh mengenai kebiasaan Anda menaksir diri sendiri di hadapan publik.

10. A. Ketika membeli rumah, hanya ada sedikit tetangga. Sekarang lingkungan begitu penuh dan ribut.
B. Anda tidak dapat makan tanpa gejala sakit berupa rasa panas di dada.
C. Seorang pencuri masuk ke rumah tetangga dan Anda khawatir barangkali rumah Anda adalah sasaran berikutnya.
D. Anda baru saja menghabiskan waktu dua jam mencetak laporan tetapi baru saja memperhatikan ada coretan disetiap halaman. Sekarang Anda harus mulai dari awal lagi.


Bila jawaban anda kebanyakan:
A. Anda termasuk orang yang sensitif pada stres lingkungan. Anda marah terhadap hal-hal seperti cuaca buruk, lalu lintas, suara berisik, polusi, kerumunan orang, rumah berantakan, jadwal padat, jam kerja panjanng tanpa istirahat, hubungan pribadi yang menekan dalam keluarga, teman dan rekan kerja.

B. Anda orang yang sensitif terhadap stres fisik. Anda khawatir terhadap kesehatan, menjadi tua, bertambah berat badan, apa yang dimakan, menjadi sakit, berapa banyak waktu berolah raga, mendapat tidur cukup, tak mampu secara fisik dan mungkin terluka karena kecelakaan.

C. Anda orang yang peka terhadap stres psikologis. Anda adalah orang yang selalu dan mudah khawatir mengenai berbagai hal. Anda berperang dengan perasaan tidak aman dan harga diri. Anda khawatir juga menjadi korban penganiayaan dilingkungan rumah atau kantor. Emosi Anda membuat diri menjadi kewalahan dan tak berdaya. Kadang Anda tidak tahu bagaimana menghadapi tekanan hidup.

D. Anda paling peka terhadap stres yang ditimbulkan diri sendiri. Tak pandang bagaimana hal-hal terjadi dalam hidup Anda. Anda punya suara internal yang memberi tahu ada sesuatu tak berjalan baik. Anda terlalu kritis terhadap diri sendiri, penampilan, kepribadian, semua kemampuan diri. Anda tak dapat menerima pujian dengan mudah dan berpikir orang pasti punya motif bersikap baik terhadap Anda. Anda adalah seorang perfeksionis yang senang hal-hal terjadi seusai harapan dan segala sesuatu terkontrol dengan baik.

Jika jumalh nilai A, B, C dan D sama, Anda adalah seorang yang mudah khawatir akan segala sesuatu.

Nah, Anda sekarang tahu penyebab reaksi stres pada diri sendiri. Sekarang waktunya untuk mencari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri serta belajar bagaimana menghadapi situasi stres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar