Sabtu, 10 Oktober 2009

Apakah Anda Merasa Tekanan Hidup Begitu Menumpuk?

Ingat, stres berasal dari dalam diri kita. Sikap kita terhasap hidup sangat menentukan seberapa tinggi tingkat stres yang kita rasakan. Kuis dari buku Is It Worth Dying For? karya Robert S. Elliot, MD, dan Dennis L. Breo berikut ini bisa memberi gambaran tingkat stres yang Anda alami.

Bacalah setiap pernyataan di bawah ini dan kemudian berilah skor 1 bila Anda hampir tidak pernah merasakan, skor 2 bila hanya kadang-kadang, 3 bila sering, dan 4 bila hampir selalu.

1. Segala-sesuatunya harus sempurna.

2. Aku harus mengerjakannya sendiri.

3. Aku merasa semakin terasing dari keluarga atau teman akrab.

4. Menurutku, seharusnya orang-orang lebih menaruh peduli.

5. Hidup serasa membuatku gelagapan.

6. Aku tidak boleh gagal.

7. Aku tidak bisa bilang "tidak" pada tuntutan baru tanpa merasa bersalah.

8. Aku perlu terus-menerus membangkitkan kegembiraan untuk menghindari kebosanan.

9. Aku merasa keakrabanku dengan orang-orang di sekitarku berkurang.

10. Aku tak sanggup merasa santai.

11. Aku tak sanggup tertawa pada guyonan tentang diriku.

12. Aku menghindari untuk berbicara tentang isi hatiku.

13. Langkahku terasa berat untuk terus bergerak maju.

14. Secara otomatis aku mengekspresikan sikap negatif.

15. Di penghujung hari, aku tampak jauh tertinggal di belakang dibandingkan dengan saat memulai hari.

16. Aku lupa pada deadline, janji pertemuan, dan kepemilikan pribadi.

17. Aku jengkel dan kecewa terhadap orang-orang di sekitarku.

18. Seks tampak lebih merupakan persoalan ketimbang sesuatu yang menyenangkan.

19. Aku menganggap diriku tereksploitasi.

20. Aku bangun lebih awal dan tidak bisa tidur lagi.

21. Aku merasa lelah.

22. Aku merasa tidak puas dengan kehidupan pribadiku.

23. Aku merasa tidak puas dengan dunia kerjaku.

24. Aku merasa tidak berada di tempat seperti yang kuinginkan dalam hidup ini.

25. Aku menghindari untuk menyendiri.

26. Aku merasa ada gangguan untuk tidur.

27. Aku memiliki gangguan untuk bangun dari tidur.

28. Aku merasa malas keluar dari kamar tidur.

Jumlahkan skor Anda. Bila skor 29 atau kurang, Anda memperlihatkan stres yang rendah. Jumlah 30 hingga 58, Anda menderita stres ringan. Skor 58 hingga 87, Anda memperlihatkan stres moderat. Skor lebih tinggi dari 87, Anda berada dalam keadaan stres berat. Istirahat dan berliburlah, atau berkonsultasilah pada ahlinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar